oleh

Babinsa 01/Sungai Mas Cek dan Data Sawah Kekeringan

SIAGA1 – Sungai Mas, Aceh Barat, Babinsa Koramil 01/Sungai Mas mendata sejumlah area persawahan yang mengalami kekeringan sekaligus melakukan pemgecekan tanaman padi yang sudah mulai menguning dampak dari musim kemarau panjang. Kamis (5/7/18)

Pendataan dan Pengecekan tersebut dilakukan berdasarkan perintah Danramil 01/Sungai Kapten Inf Mazwar AR yang mengantisipasi dampak fatal akibat kekeringan yang disebabkan curah hujan yang turun kurang.

Danramil 01/Sungai Mas Kapten Inf Mazwar AR memerintahkan kepada seluruh anggota babinsanya agar mendata sawah-sawah yang mulai mengering yang diakibatkan musim kemarau berkepanjangan.

Dibeberapa area persawahan milik petani di Kecamatan Sungai Mas para Babinsa menemukan banyak sawah yang sudah kering, lantaran tidak ada sumber air cadangan saat musim kemarau.

Upaya yang dilakukan oleh para babinsa tersebut yakni mengimbau para petani mengatasi dengan pengairan dari sumur menggunakan mesin pompa yang disediakan Kodim dan distandbykan di Koramil.

Upaya tersebut dilakukan untuk mendapatkan air yang cukup untuk pengairan ke sawah, agar tanaman padi yang mulai dewasa itu tidak menguning dan layu, sehingga petani tidak mengalami kerugian berupa gagal panen hingga kematian tumbuhan.

Baca Juga :  Babinsa Kodim Aceh Jaya Bantu Petani Memupuk Kebun Jagung