oleh

Babinsa 02/Suka Makmur, Bantu Petani Garap Sawah Dengan Traktor

SIAGA1 – Aceh Besar. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Baet Mesjid Koramil 02/Suka Makmur Kodim 0101/BS Serda Mesdianto terjun langsung membantu membajak sawah menggunakan Mesin traktor di lahan sawah milik Bapak Usman petani desa Baet Mesjid Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Senin (25/06/18).

Serda Mesdianto mengatakan bahwa, membantu petani membajak sawah merupakan salah satu upaya khusus pendampingan TNI dalam hal ini Babinsa dalam mendukung program pemerintah mensukseskan Swasembada Pangan Nasional.

“Kami secara rutin dan berkesinambungan terus bantu petani di desa binaan mulai dari penggarapan lahan sawah, penyemaian bibit padi, penanaman padi hingga masuk masa panen nanti, produksi pangan di desa menjadi meningkat,” kata Serda Mesdianto.

Ia juga mengatakan, penggarapan lahan sawah menggunakan mesin Traktor ini dapat meringankan pekerjaan petani dalam menggemburkan tanah untuk ditanami padi, sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih effisien.

“Karena untuk menggemburkan tanah sebelum ditanam padi itu butuh waktu cukup lama, oleh karena itu, para petani menggunakan traktor agar waktu penggarapan sawah lebih singkat,” katanya. Dirinya menggungkapkan, selain dapat mempersingkat waktu, menggarap sawah dengan Traktor ini juga lebih menghemat biaya daripada menggunakan kerbau.

“Karena traktor hemat biaya dan lebih cepat daripada menggunakan kerbau,” ungkapnya. Petani Desa Baet Mesjid Bukhari mengucapkan, banyak terimakasih kepada Babinsa yang selama ini turut terjun ke sawah, sehingga para petani di desa merasa sangat terbantu. “Kami berterimakasih dan sangat terbantu dengan adanya Babinsa ikut turun ke sawah,” tuturnya. (Red).

Baca Juga :  Pastikan Logistik Aman, TNI/Polri dan Linmas Bersinergi Laksanakan Pengamanan