oleh

Babinsa Balongsari Dampingi Poktan Margodadi Panen Padi

SIAGA1 – Mojokerto. Pendampingan ketahanan pangan guna mendukung pencapaian swasembada pangan yang telah diprogramkan pemerintah hingga saat ini masih terus berlangsung di wilayah Kodim 0815 Mojokerto termasuk di wilayah Koramil 0815/19 Magersari.

Kali ini Babinsa Kelurahan Balongsari Koramil 19/Magersari Serma Sofiul dan Koptu Ahmad Nur Afandi bersama PPL, melaksanakan pendampingan panen padi di lahan yang dikelola Sapari, anggota Kelompok Tani (Poktan) Margodadi  II, Lingkungan Gembongsari Kelurahan Balongsari Kecamatan Magersari Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (22/06/2018).

Dalam panen padi di lahan seluas satu hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang tersebut, hasil panen berupa gabah kering mencapai 6,6 ton.  Hasil panen ini sudah terbilang bagus dan rata-rata capaian hasil panen di wilayah tersebut pada kisaran enam ton lebih hingga tujuh ton.

Menurut Sapari panen kali ini dapat dibilang tidak ada kendala yang berarti terutama masalah hama. Dalam pengolahan lahan dikerjakan menggunakan alat mesin pertanian dengan sistem tanam Jarwo (Jajar Legowo) yang memiliki nilai keuntungan lebih bagi petani. Tak lupa, Sapari juga mengucapkan terima kasih atas arahan PPL dan pendampingan yang dilakukan Babinsa.

Sementara Serma Sofiul mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukannya bersama Babinsa lainnya diharapkan dapat memotivasi dan memacu para petani khususnya di wilayah binaanya untuk terus meningkatkan produksi hasil pertanian.  

Serma Sofiul juga berpesan, agar setelah panen ini segera mengolah lahan untuk percepatan tanam sehingga lahan tidak terlalu lama diistirahatkan.

Baca Juga :  DANDIM 0104/ATIM TURUT SUKSESKAN UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 TAHUN 2018 DIKOTA LANGSA