oleh

Babinsa Kodam XII/Tpr, Tolong Warga Melahirkan Diatas Mobil Dinas

SIAGA1 – Bengkayang.  Tangis haru dan tampak kegembiraan satu keluarga dari Bapak Yanto dan Ibu Antonia beserta keluarga besarnya, setelah Prajurit Kodam XII/Tanjungpura dapat membantu menyelamatkan keluarganya di atas kendaraan dinas. Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Letnan Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., di Media Center Kodam XII/Tpr, Pontianak, Kalbar, Kamis (5/7/2018).

Kapendam XII/Tanjungpura, Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menuturkan, bermula Anjangsana yang merupakan kegiatan harus dilakukan di desa binaan para Babinsa. Danramil 1202-01/Bengkayang, Kpt inf Asswani Kunto memberikan arahan untuk melaksanakan anjangsana dan komunikasi sosial (Komsos) di wilayah desa binaan masing-masing dalam rangka menjaga dan memberikan rasa aman dan kondusif kepada warga masyarakat pasca pemungutan suara Pilgub Kalbar.

Lebih lanjut Kapendam XII/Tpr menjelaskan, usai pengarahan, para Babinsa berangkat ke wilayah desa binaan masing-masing, termasuk Koptu Uray Ijas Sugiantoro dan Kopda Syamsul Hadi Irawan yang wilayah binaannya di Kecamatan Bengkayang. Saat berada di rumah Ketua RT, di Dusun Sungai Durian, Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang, tiba-tiba datang seorang warga minta pertolongan.

“Jadi, warga yang minta bantuan tersebut yaitu Bapak Yanto suami dari Ibu Antonia Supriyani, saat itu sedang hamil tua. Kemudian kedua Babinsa bergegas membawa Ibu hamil dengan menggunakan mobil patroli Koramil 01 Bengkayang, menuju RSUD Kabupaten Bengkayang,” papar Kapendam XII/Tpr.

Namun, sebelum sampai tujuan, bayi dari Ibu Antonia Supriyani harus rela lahir di atas mobil dinas TNI AD, sehingga tim medis RSUD Kabupaten Bengkayang melakukan tindakan medis di atas mobil dinas Koramil 01 Bengkayang.

“Alhamdulillah, meskipun dalam keadaan darurat, telah lahir bayi perempuan. Sore tadi, kondisi Bayi dan Ibunya dalam keadaan sehat wal’afiat, dan selanjutnya Ibu dan Bayi tersebut mendapat perawatan di RSUD Kabupaten Bengkayang. Ini atas dasar laporan dari Dandim 1202/Singkawang,” pungkas Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunthe. (Red).

Baca Juga :  Wujudkan Indonesia Yang Sehat, Babinsa Koramil Saradan Dampingi Petugas Kesehatan Vaksin ORI Difteri