oleh

Dandim 0104/Atim bekali calon menwa iain langsa materi bela negara

Langsa – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili oleh Danramil 23/Lgst Kapten Inf M. Kaoy memberikan materi tentang Bela Negara kepada Calon Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas IAIN Langsa, bertempat di Kampus IAIN Langsa, Desa Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Jum’at (09-11-2018).

Dalam rangka Pradiksar Menwa IAIN Langsa, para Calon Menwa ini diberikan materi tentang Proxy War, yaitu perang dimana salah satu pihak menggunakan pihak ke-3 melalui (Ipoleksosbud) tanpa langsung atau terbuka.

Danramil mengatakan kepada para peserta bahwa tak ada gunanya jika kita makmur dan modern, namun kehilangan yang fundamental dan yang terbaik dari Bangsa kita seperti Pancasila, Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, semangat persatuan dan gotong royong, toleransi, kesantunan dan kemanusiaan.

Karena situasi yang kondusif akan menciptakan situasi yang aman dan stabilitas, maka pembangunan dan kesejahteraan akan terwujud, “terangnya.

Dapat diketahui bahwa, banyak kelemahan dari Bangsa Indonesia sendiri, seperti batas Negara Republik Indonesia dengan Negara Malaysia, Perekonomian, Infrastruktur di daerah batas yang masih kurang dan minim, “tegasnya.

Disamping itu banyaknya kegiatan Illegal, Narkoba, Tambang liar dan rawan konflik komunal, seperti SARA dan sengketa lahan antara pemerintah, non pemerintah atau perusahaan atau masyarakat, “imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, beberapa upaya yang harus diambil yaitu abdi Negara selalu di depan dan berperan penting, sinergitas, bersatu dan bergotong royong semua komponen abdi Negara serta masyarakat, menumbuhkan semangat Nasionalisme kepada seluruh masyarakat yang diawali oleh abdi Negara, meningkatkan sarana dan prasarana serta menjadi tokoh dan tauladan di lingkungan tempat tinggal, “pungkas Danramil.

Baca Juga :  Kodim Magelang Ikuti Apel Pergeseran Pasukan di Kodya dan Kabupaten Magelang