oleh

“Dandim 0104/Atim hadiri upacara hari Pahlawan Tahun 2018 di Kota Langsa”

Langsa. SIAGA1.COM – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis hadiri Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 dengan Tema “Semangat Pahlawan Didadaku” yang diselenggarakan Pemko Langsa, bertempat di halaman Pendopo Walikota Langsa, Jalan Cut Nyak Dhien, Gampong Jawa Depan, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Sabtu (10-11-2018).

Dalam Upacara tersebut Walikota Langsa Usman Abdullah, SE menjabat sebagai Inpektur Upacara dan membacakan Amanat dari Menteri Sosial RI bahwa Bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dan di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan  tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita serta para Syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya, “tuturnya.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar Negeri dan Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, pertebal rasa cinta tanah air serta meneguhkan semangat pengabdian bagi Bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia, “tegas Walikota.

Disela-sela acara tersebut kepada Tim Media Center Kodim 0104/Atim Dandim mengatakan bahwa seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” sebutnya.

Pada hakikatnya, tambah Dandim, setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam pelaksanaan pembangunan.

Dilanjutkannya, Bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Unsur Forkopimda Kota Langsa, Jajaran Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemko Langsa, Perwakilan Veteran RI wilayah Pemko Langsa, dan Peserta Upacara.

Baca Juga :  Kenang Jasa Pahlawan, Kasrem 081 DSJ Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga