oleh

Dandim 0113/Galus Himbau Tak Ada Lagi Pembakaran Lahan dan Hutan

SIAGA1 – Gayo Lues. Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution,S.I.P menghimbau sekaligus mengaharapkan tidak ada lagi Masyarakat Gayo Lues umumnya membuka lahan dengan cara membakar dan membuang puntung rokok sembarangan di semak belukar, baik di Kebun maupun di Hutan, karena dapat merusak lingkungan dan ekosistem termasuk menimbulkan wabah penyakit, dan itu ada sanksi hukumnya. Hal tersebut terus di sampaikan Dandim kepada Masyarakat, baik melalui Danramil jajaran maupun Babinsa yang ada di wilayah, Kamis (21/06/2018).

Dandim 0113/Galus melalui Danramil 03/Blangkejeren Kapten Inf Darno, pada saat mengecek kabakaran lahan di desa Agusen Kecamatan Blangkejeren, menyampaikan secara langsung kepada masyarakat sekitar, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena cara ini cara yang salah, sebagian masyarakat menganggap cara ini lebih cepat dan mudah.” Bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan akan di kenakan sanksi Hukum, hal tersebut Tercantum dalam pasal 78 Ayat 3 UU No. 34 Tahun 1999 yaitu tentang kehutanan dengan ancaman pidana 15 Tahun.

Ditempat yang sama Dandim juga meminta kepada anggota untuk mencari pelaku pembakar lahan yang dilakukan dengan sengaja, supaya bisa kita mintai keterangan dan kita serahkan kepada pihak yang berwajib. Beberapa hari ini dalam suasana lebaran kita disibukan dengan titik hot spot yang terpantau oleh satelit Lapan-A2 (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) yang terjadi di Kabupaten Gayo Lues. Kita juga meminta Pemda agar lebih aktif untuk membantu kita dilapangan memadamkan api tersebut, “tegas Dandim.

Di katakan, kejadian yang sudah terjadi bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Kepada lapisan Masyarakat Gayo Lues harus lebih peduli untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. Kalaupun ada Wilayah yang sudah di perbolehkan untuk membuka lahan Pertanian agar tidak dengan cara membakarnya.(Red)

Baca Juga :  Wasev Dam IM Tinjau Lokasi Pembangunan Koramil 11/Woyla Timur, Kodim 0105/Abar