oleh

Desa Durenombo Kental Dengan Tradisi

Batang – SIAGA1.COM – Indonesia terkenal dengan budaya timur dimana kearifan lokal dan rasa gotong royong dijunjung tinggi, apalagi di masyarakat pedesaan seperti di Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang dimana tengah dilaksanakan progarm TMMD Reguler ke 103.

Seluruh masyarakat dibantu jajaran Pemerintah Kabupaten Batang, Kodim 0736 Batang dan Polres Batang melakukan kerja bakti membersihkan sisa-sisa pembangunan.

Sebelum melaksanakan kegiatan, seluruh elemen masyarakat melalui doa bersama untuk kelancaran kegiatan di Desa Durenombo yang sudah dimulai 15 Oktober lalu.

Dikatakan Muhammad Ropii, satu di antara warga Dukuh Durensari Desa Durenombo, adat istiadat masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar.

“Alhasil sebelum diadakan kegiatan kami pasti melakukan doa bersama, bahkan tak jarang sedekah bumi dilakukan oleh warga Desa Durenombo,” katanya, Rabu (7/11/3018).

Ditambahkannya, setiap sebulan sekali masyarakat melakukan tradisi sedekah bumi, dengan tujuan melancarkan semua kegiatan baik panen maupun menolak bala.

“Tidak hanya di tingkat desa, bahkan setiap dukuh juga melakukan hal yang sama, karena kami masih teguh memegang tradisi yang diturunkan nenek moyang,” paparnya. (Red).

Baca Juga :  Pangdam Jaya/Jayakarta : TMMD Ke 102 Wujud TNI Manunggal Dengan Rakyat