oleh

Kenang Jasa Pahlawan, Kasrem 081 DSJ Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga

Madiun, Kepala Staf Korem (Kasrem) 081/Dhirotsaha Jaya Letnan Kolonel Inf Agus Faridianto memimpin upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November di taman makam pahlawan ( TMP ) Madiun, Jawa Timur, Jum’at (9/11/18).

Agus mengatakan, ziarah dan tabur bunga yang dilaksanakan dalam rangka Hari Pahlawan 10 November Tahun 2018 ini, selain untuk mengenang jasa para Pahlawan utamanya para Pahlawan yang berjuang merebut Kota Surabaya yang dipimpin oleh Dr. Sutomo yang dikenal dengan Bung Tomo, juga bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme. “Kita di sini untuk mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan kita dulu merebut kemerdekaan yang sekarang ini kita rasakan,” ungkapnya yang kami temui usai menabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Madiun.

Semangat cinta tanah air ini, kata Kasrem perlu ditumbuhkan khususnya di kalangan generasi muda bangsa Indonesia. Kalau tidak ditumbuhkan semangat cinta tanah air ini, maka kita bisa tercerai berai. “Salah satu caranya yaitu melibatkan generasi muda dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November ini, karena keutuhan NKRI adalah harga mati,” terangnya.

“Selain juga mengingatkan kepada generasi muda bahwa 73 tahun yang silam di Surabaya telah terjadi peristiwa besar, dimana terjadi perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdakaanya yaitu mempertahankan kemerdekaan melawan sekutu Belanda,” tambah Letkol Inf Agus Faridianto.

“Untuk itu kita wajib mengisi kemerdekaan ini dengan kemampuan yang kita miliki, agar dapat mencapai tujuan nasional yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka hari Pahlawan 10 November ini, diikuti Dan/Ka Satdisjan, Para Kasi Korem 081/DSJ Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS juga perwakilan Persit KCK Koorcab Rem 081.

Baca Juga :  Upacara Hari Pahlawan, Dandim Ingatkan Pemuda Jangan Jadi Penyebab Disintegrasi Bangsa