oleh

Pangdam I/BB Harapkan Peleton Siaga Bencana Alam Jadi Embrio di Angkatan Darat

Medan. SIAGA1.COM – Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah berharap Peleton Siaga Bencana Alam yang barusan dibentuk, tidak hanya menjadi embrio peleton sejenis di lingkungan Kodam I/BB, tetapi juga di tubuh TNI Angkatan Darat.

Harapan itu disampaikan langsung Pangdam I/BB usai meresmikan sekaligus melihat langsung kelengkapan alat perlengkapan Peleton Siaga Bencana Alam dari Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 1/Dhira Dharma di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (7/11/2018).

“Saya berharap, Peleton Siaga Bencana Alam dari Yon Zipur 1/DD ini tidak hanya menjadi embrio di tingkat Kodam I/BB, tetapi juga di tingkat TNI Angkatan Darat. Dan untuk itu, saya akan melaporkan hal ini kepada pimpinan,” ucap Pangdam I/BB.

Dijelaskan Abituren Akademi Militer (Akmil) 1988 ini, esensi dari pembentukan Peleton Siaga Bencana Alam ini adalah untuk penanganan yang cepat, tepat dan efektif terhadap suatu daerah yang mengalami bencana alam.

“Beberapa saat belakangan ini, kita semua mengetahui telah terjadi bencana alam di Lombok, dan Palu-Donggala. Penanganan bencana telah dilakukan TNI dengan mengerahkan personel ke lokasi. Namun, karena kondisi medan yang jauh dan infrastruktur yang rusak menuju lokasi, menyebabkan ada sedikit kendala dalam pengiriman pasukan. Nah…berdasarkan pengalaman inilah, saya mencoba untuk mengorganisir kembali pasukan di Kodam I/BB dengan membentuk satuan-satuan kecil yang mudah digerakan, tapi punya kemampuan yang cukup efektif, yakni membentuk Peleton Siaga Bencana Alam,” terang Pangdam I/BB.

Memang, Pangdam I/BB mengakui kekuatan pasukan ini cuma satu peleton. Tapi keberadaannya justru didukung oleh satuan-satuan lain dalam hal kebutuhan alat perlengkapan yang diharapkan untuk penanganan di lokasi bencana.

Seperti radio komunikasi satelit, drone, alat berat berupa beko dan truk pengangkut, LCR (Landing Craft Rubber), tenda darurat, tim medis lengkap dengan ambulance, ransum, genset berkekuatan 10-15 KVA dan peralatan kelistrikan, alat pertukangan kayu, chainsaw, dan alat penjernih air.

Selain semua alat kelepangkapan ini, Peleton Siaga Bencana juga dilengkapi personel dengan kemampuan mengatasi bencana tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dan tim penyelam.

“Jadi, Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD ini merupakan cikal bakal satuan sejenis di Kodam I/BB. Selanjutnya satuan seperti ini akan kita bentuk di setiap satuan lainnya, baik di Satuan Tempur (Satpur), maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada dijajaran Kodam I/BB,” pungkas Pangdam I/BB.

Turut mendampingi Pangdam I/BB di acara, antara lain Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, Irdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, dan para Kabalak Kodam I/BB, dan Komandan Yon Zipur 1/DD, Letkol Czi Eko Supri Setiawan beserta Perwira Staf, Bintara dan Tamtama. (Sumber: Pendam I/BB)

Baca Juga :  Siaga KM Sinar Bangun, Marinir gunakan Pemindai Sonar