oleh

Pendekatan Humanis Demi Memaksimalkan Keterlibatan Warga Sasaran TMMD

Batang – SIAGA1.COM – Seperti satu kesatuan keluarga, simbolisasi dari kedekatan prajurit TNI yang sedang membangun Desa Durenombo Kecamatan Subah melalui TMMD. Rusmini (30 thn) warga Rt/Rw. 2 Dusun/Desa Durenombo, tak canggung lagi meminta bantuan Serda Citro menenangkan anak pertamanya Arfan (5 thn).

Terlihat di kediaman Kadus setempat, Fahrudin (53 thn) saat kegiatan pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Arfan dibawa ibunya untuk mengetahui golongan darahnya, namun saat melihat salah satu warga sedang diambil sampel darahnya, ia pun berlari keluar dan menangis. Serasa anak sendiri, Citro meraih tubuh bocah mungil tersebut dan mencoba meredakan tangis anak yang sangat histeris.

Melihat kejadian humanis itu, Fahrudin mengapresiasi Citro. Dikatakannya, sungguh pintar cara Pak Citro menghibur anak, sampai-sampai Arfan tidak lagi takut diambil sampel darah oleh bidan desa. “Tolong-menolong sesama hukumnya wajib, terima kasih Pak Citro,” ucapnya memuji.

Untuk menjalin ikatan keluarga dengan masyarakat sasaran TMMD, pendekatan sayang anak seperti itulah salah satu cara yang efektif.

Penggalangan kepada masyarakat mempunyai peranan strategis dalam memaksimalkan keterlibatan mereka di dalam andil membangun.

Selain dengan bercanda dan bermain dengan anak-anak warga, akan menghilangkan capek fisik setelah seharian bekerja serta dalam penanaman kaderisasi militer, pasalnya memori bocah akan merekam kejadian tersebut dalam memorinya. Sedang Sisi positif lainnya adalah, sedikit menepis kerinduan akan buah hati dirumah. (Red/Aan)

Baca Juga :  SATGAS TMMD REG KE 102, AHLI PEMBUAT USUK DAN RENG BAMBU UNTUK RTLH